Selasa, 21 Januari 2014

6 Gedung Pencakar Langit Paling Keren di Dunia


Gedung pencakar langit jadi salah satu perhatian turis saat datang ke suatu kota. Inilah 6 gedung pencakar langit paling keren di dunia, baik dari arsitekturnya atau tingginya yang menjulang. Yuk, lihat!

Dilansir dari CNN Travel, Selasa (21/1/2014) berikut 6 gedung pencakar langit yang keren di dunia:


 1. China Central Television, Beijing, China

Beijing punya gedung pencakar langit keren bernama China Central Television Headquarters. Bahkan, gedung ini pernah menyabet gelar pada 'Cityscape World Architecture Congress' di Dubai.

Tinggi gedung ini adalah 234 meter dan bentuk bangunannya sangat unik seperti huruf L. Kalau diperhatikan, bentuknya mirip segitiga tak sempurna. China Central Television Headquarters punya enam bagian horizontal dan vertikal. Biaya pembangunannya menghabiskan USD 600 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun!

Lucunya, beberapa supir taxi di Beijing menilai gedung pencakar langit ini seperti celana boxer raksasa. Apapun itu, China Central Television Headquarters yang selsesai dibangun tahun 2012 ini memang mencuri perhatian turis.


 2. Commerzbank, Frankfurt, Jerman

Commerzbank di Kota Frankfurt, Jerman punya daya tarik tersendiri. Gedung pencakar langit setinggi 300 meter ini selesai dibangun tahun 1997 dengan menghabiskan biaya USD 414 atau sekitar Rp 5 triliun.

Daya tarik Commerzbank adalah sebagai gedung pencakar langit yang ramah lingkungan pertama di dunia atau disebut gedung ekologi. Sebabnya, gedung ini memanfaatkan sistem pencahayaan alam dan ventilasi yang membuatnya mengurangi pemakian energi sejak tahun 1997. Keren!

Commerzbank sempat menjadi gedung pencakar langit di dunia yang tertinggi di Eropa, sebelum dipatahkan oleh London The Shard tahun 2012.


 3. Elephant Tower, Bangkok, Thailand

Tak hanya wisata kuliner atau kuil saja, Bangkok di Thailand rupanya juga punya gedung pencakar langit yang keren. Inilah Elephant Tower alias gedung berbentuk gajah.

Gajah merupakan hewan yang dihormati di Thailand. Elephant Tower pun jadi kebanggaan masyarakat Bangkok. Gedung pencakar langit ini dibangun tahun 1997 dan punya ketinggian 102 meter.

Di Elephant Tower terdapat kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, dan perumahan mewah. Kalau dilihat dari dekat, bentuknya memang menyerupai gajah lho!


 4. Bitexco Financial Tower, Ho Chi Minh, Vietnam

Satu lagi gedung pencakar langit keren di kawasan Asia Tenggara, yaitu Bitexco Financial Tower di Ho Chi Minh. Rancangan gedungnya seperti bunga teratai, bunga nasional di Vietnam.

Tinggi Bitexco Financial Tower mencapai 262 meter. Gedungnya punya heliped di lantai 52 dan menjorok keluar sejauh 22 meter. Hal itulah yang membuatnya terlihat seperti teratai.

Selesai dibangun bulan Oktober 2010, pembuatan Bitexco Financial Tower menelan biaya USD 220 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun. Turis pun bisa masuk ke dalamnya ke area Saigon Skydeck. Berada di lantai 47, di sinilah turis bisa melihat Kota Ho Chi Minh dengan pemandangan 360 derajat.


 5. Kingdom Centre, Riyadh, Arab Saudi

Kingdom Centre di Riyadh adalah gedung pencakar langit yang tersohor di Arab Saudi. Dibangun tahun 2002, Kingdom Riyadh Centre memiliki tinggi 302 meter dan biaya pembuatannya mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 12 triliun!

Pembangunan Kingdom Centre tampaknya dikhususkan untuk wanita. Di sinilah terdapat pusat perbelanjaan, bank, dan masjid yang hanya boleh didatangi oleh para wanita.

Masjid di dalamnya berada di lantai 77 dan menjadi 'masjid tertinggi di dunia. Tak hanya itu, turis juga bisa melihat dengan jelas Kota riyadh dari ketingian di dek onbervasi di bagian puncaknya.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.