Sabtu, 11 Januari 2014

Mau Bikin Hot Dog Enak? Siapkan Sosisnya dengan Cara Ini!

Selain hamburger, hot dog adalah makanan favorit orang Amerika. Setiap daerah memiliki variasi hot dognya masing-masing. Andapun bisa berkreasi sesuai selera dengan roti, sosis, topping, maupun sausnya.


Meski kelihatan simpel, ada beberapa tips membuat hot dog enak dari The Daily Meal (30/07/2013). Mulailah dengan menyiapkan sosisnya:


1. Jenis sosis

Di Amerika, kita bisa memesan sosis di tukang daging dan menentukan sendiri jenis daging dan selubungnya (casing). Bisa memakai daging sapi, sapi muda, babi, atau campuran ketiganya.

Sosis biasanya memiliki selubung alami dari usus domba, sehingga terasa kenyal lembut khas saat digigit. Ada pula yang tak memiliki selubung sama sekali, sehingga teksturnya jauh lebih lembut. Selain itu, beberapa selubung sosis diberi pewarna merah.

Pilih jenis sosis sesuai selera, karena merupakan bahan utama hot dog maka akan memengaruhi citarasa hot dog. Jadi, tentukanlah jenis sosis lebih dulu sebelum memilih bahan lainnya.


2. Memasak sosis

Sosis bisa dimasak dengan cara dibakar, dimasak di wajan bergelombang, digoreng dengan minyak banyak, atau dikukus. Bagaimanapun juga, umumnya sosis sudah matang, sehingga proses pemasakan hanya untuk memberikan rasa.

Ada yang merendam sosis dalam campuran bir dan air garam sebelum dibakar agar teksturnya enak. Adapula yang melumuri sosisnya dengan saus spesial saat dibakar sehingga rasanya lebih enak. Andapun perlu mempertimbangkan jenis potongan sosisnya.


3. Sosis utuh

Biasanya, sosis dibiarkan utuh jika dibungkus dengan sesuatu (misalnya bacon), digoreng dengan minyak banyak, atau dikukus. Menurut sebagian orang, sosis utuh menjaga rasa asli dan kelembapannya.

Biasanya saat dimasak,  sosis utuh cenderung pecah dari selubungnya. Jadi, sebaiknya masak sosis utuh sebentar saja.


4. Sosis kerat
Mengerat sosis secara melintang di bagian tengahnya mencegah selubungnya meledak. Biasanya cara ini dilakukan ketika sosis diberi panas tinggi, misalnya dibakar atau dimasak di wajan. Selain itu, keratan pada sosis dapat menampung saus sehingga rasanya lebih enak. Sebaiknya jangan mengerat terlalu dalam karena jus daging dalam sosis akan keluar semua saat sosis dipanaskan dan rasanya jadi kurang gurih.

5. Membelah sosis
Membelah sosis secara memanjang sehingga bisa terbuka  dapat mengurangi kelembapannya. Namun, sebagian orang menganggap jika sosis ini dimasak di wajan datar dengan sisi yang dibelah menghadap bawah, sedikit keratan di tiap sisinya, maka sosis ini akan tetap lurus dan matang sempurna. Sosis yang dibelah juga bisa menampung topping dan saus lebih baik. Hanya saja rasa gurih daging sosis sedikit berkurang.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.