Jumat, 31 Januari 2014

Orang Indonesia Paling Suka ke 5 Taman Nasional Ini


Taman nasional kini tak hanya dijadikan lokasi penelitian saja. Tempat konservasi ini juga kerap dijadikan lokasi liburan traveler. Di Indonesia, ada 5 taman nasional favorit yang bisa Anda kunjungi.

Sejak 20 Desember 2013 hingga 15 Januari 2014, detikTravel mengadakan survei mengenai aneka destinasi favorit di Indonesia. Ada 3.970 pembaca ikut serta mengisi poling ini. Inilah 5 taman nasional favorit di Indonesia yang bisa menjadi referensi liburan Anda:


 1. Taman Nasional Bunaken (37%)
http://images.detik.com/content/2014/01/30/1382/191136_tn1.jpg

Dipilih oleh 1.468 pembaca atau sekitar 37%, Taman Nasional Bunaken berada di peringkat pertama sebagai taman nasional favorit. Jauh sebelum taman nasional lain terkenal, Bunakan sudah lebih dulu dikenal memiliki alam bawah laut yang memukau.

Semua keindahan laut sudah bisa turis rasakan sejak pertama kali beranjak dari Dermaga Marina menuju Bunaken. Jika beruntung, lumba-lumba akan berenang dan melompat menghibur setiap turis yang datang.

Begitu tiba di Bunaken, saatnya menyelam dan merasakan keindahan laut. Inilah tempat dimana wisatawan bisa merasakan kemegahan 'Kerajaan Laut' yang telah diakui dunia.

Bahkan, Pemkot Manado dalam situs resminya mengklaim keindahan alam bawah laut Bunaken dan sekitarnya seperti dilansir melebihi keindahan dasar laut Great Barrier Reef Australia dan Kanada Timur. Anda perlu datang ke sana untuk membuktikan sendiri keindahannya.


 2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (33%)
http://images.detik.com/content/2014/01/30/1382/191159_tn2.jpg

1.313 Pembaca detikTravel atau 33% memilih Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berada di urutan kedua, beda tipis dengan Bunaken. Taman nasional ini berada di wilayah Kabupaten Pasuruan, Malang, Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

Rasanya, setiap tahun TNBTS selalu ramai pendaki. Terang saja, taman nasional ini menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau. Semua sudah terlihat sejak awal pendakian. Pohon-pohon besar dan berusia ratusan tahun, seperti cemara gunung, jamuju, edelweis, berbagai jenis anggrek dan rumput langka menghasi alam bumi Tengger.

Selain alam, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga punya pura yang terkenal, namanya Pura Luhur Poten. Pura ini dijadikan tempat ibadah masyarakat Hindu. Bahkan masyarakat Hindu dari Bali sering beribadah ke tempat ini.

Dari semua, yang paling terkenal di taman nasional ini adalah pendakian Gunung Bromo. Biasanya, turis akan mendaki untuk melihat pesona keindahan matahari terbit berlatar gunung dan awan.


 3. Taman Nasional Komodo (18%)
http://images.detik.com/content/2014/01/30/1382/191231_tn3.jpg

Menjadi habitat asli hewan endemik, Komodo, Taman Nasional Komodo berada di urutan ketiga dengan jumlah 728 suara atau 18%. Taman Nasional Komodo terdiri dari beberapa pulau, seperti Pulau Komodo dan Rinca. Kedua pulau ini dihuni oleh reptil purba.

Ada banyak kegiatan yang bisa turis lakukan selama berada di TNK, seperti trekking dan menyelam. Trekking bisa dilakukan dengan mendaki bukit untuk mencari komodo.

Waktu tepat untuk bertemu komodo adalah di saat jam aktif mereka. Pukul 07.00-11.00 pagi atau pukul 15.00-17.00 sore adalah waktu-waktu mereka sedang aktif karena sedang mencari makan. Trekking pada pagi hari adalah waktu paling pas untuk menikmati pulau sambil bertemu hewan purba ini.

Selesai trekking, saatnya menyelam. Anda bisa menyelam di lautan yang mengelilingi pulau. Tak perlu dalam-dalam menyelam, karena dari permukaan laut saja, turis sudah bisa melihat alam bawah laut Taman Nasional Komodo.


 4. Taman Nasional Ujung Kulon (8%)
http://images.detik.com/content/2014/01/30/1382/191243_tn4.jpg

Berada di ujung Banten, sebanyak 332 pembaca memilih Taman Nasional Ujung Kulon sebagai yang terfavorit. Taman nasional ini dikenal sebagai habitatnya badan Jawa bercula satu.

Datang ke sana, Anda tak hanya bisa melihat seperti apa habitat badak, tapi juga mengagumi keindahan alamnya. Hutan rimbun yang masih perawan bisa dilalui banyak traveler.

Deretan pantai dengan pasir putih dan laut biru juga tersedia. Salah satu yang masih perawan adalah Pantai Karang Ranjang. Trekking di jalur yang cukup sulit membuat banyak orang tak mencapainya. Namun, semua kesulitan langsung terbayar begitu Anda tiba di sana.

Ada satu hal yang menarik dari taman nasional ini, yakni cinderamata. Taman Nasional Ujung Kulon memiliki oleh-oleh khas yakni, patung kayu badak bermotif batik.


 5. Taman Nasional Baluran (3%)
http://images.detik.com/content/2014/01/30/1382/191305_tn5.jpg

Untuk melihat savana luas dengan kawanan hewan liar yang sibuk bermain di sana, Anda tak perlu jauh-jauh ke Afrika, Baluran juga punya. Taman Nasional di Jawa Timur ini juga menyuguhkan suasana yang mirip dengan Afrika.

Suasana alam liar memang jelas terasa di taman nasional ini. Setiap traveler yang datang bisa melihat ada kawanan rusa, monyet dan hewan lainnya asyik bermain di antara rerumputan.

Jika beruntung, Anda bisa melihat anjing hutan atau harimau berjalan di sana. Tak hanya itu, Taman Nasional Baluran juga mempunyai penangkaran burung merak.

Anda pecinta pantai? Taman Nasional ini juga memiliki pantai dengan pemandangan menggoda, yakni Pantai Bama. Pantai ini sangat terkenal dengan sunrise dan keindahan alam bawah lautnya. Tak heran kalau 129 orang atau 3 persen memilih Taman Nasional Baluran sebagai yang terfavorit di Indonesia.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.