Kamis, 02 Januari 2014

Trik Agar Makanan Gorengan dan Gurih Lebih Rendah Kalori


idangan yang gurih berlemak dan gorengan sulit sekali ditolak. Jika sedang berdiet dan ingin tetap makan makanan tersebut, lakukan beberapa trik mengolah untuk memangkas kalori. Makanan tetap enak dan kalori berkurang.

Menambah sayuran dan mengurangi minyak bisa jadi solusi memangkas kalori. Situs Eatingwell (02/01/2013) memberi rekomendasi trik mengolah hidangan gorengan dan berlemak yang mudah dipraktekkan ini.


1. Buat hidangan tetap creamy tanpa krim

Saus creamy yang membuat fettuccini alfredo lezat mengandung kalori tinggi karena diracik dengan mentega, heavy cream, dan keju. Buat krim sehat dengan 236 ml susu low fat yang dicampur dengan 4 sendok teh tepung terigu. Campur dan rebus dengan panas sedang hingga kental.
Racikan tersebut memangkas lebih dari 680 kalori dan 53 gram lemak jenuh.


2. Gorengan renyah tanpa minyak
Teknik deep-frying bisa Anda tinggalkan, sebagai penggantinya coba teknik oven-frying. Celupkan ayam atau ikan dalam susu atau telur lalu masukkan dalam tepung bumbu atau tepung panir lalu semprotkan cooking spray minyak canola dan minyak zaitun. Taruh dia atas loyang dan panggang dalam oven panas 180 C hingga garing. Dua potong ayam oven frying mengandung kalori 40 persen lebih rendah dan 4 gram lemak jenuh lebih rendah dari ayam goreng biasa.

3. Pilih putih telur dibanding telur utuh

Kuning telur memang mempunyai rasa lebih gurih, tapi putih telur lebih rendah lemak. Putih telur mengandung 16 kalori dan 0 gram lemak dibandingan kuning telur yang mengandung 54 kalori dan 5 gram lemak.


4. Homemade ice cream
Untuk es krim rendah lemak, buatlah es krim dari susu rendah lemak yang dikentalkan dengan gelatin. Tekstur es krim sama seperti yang terbuat dari krim, tapi mengurangi 90 kalori dan 10 gram lemak jenuh per 118 ml es krim.

5. Tambahkan bijian dan sayuran dalam hidangan daging
Untuk membuat hidangan daging seperti burger mengenyangkan dan kaya nutrisi, masukkan whole grain atau cincangan sayur seperti jamur dan paprika dalam adonan burger. Whole grain bisa menyehatkan pencernaan dan paprika mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imunitas.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.